Senin, 09 April 2012

Kita dan Prasangka

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Ada banyak hal yang tak pernah kita minta
tapi Allah tak pernah alpa menyediakannya untuk kita
nafas.. segarnya air.. hangatnya mentari.. dsb..dst..dll..

Bagaimana dengan doa-doa yang kita panjatkan??
maka bersiaplah untuk diijabah lebih dari apa yang kita mohonkan.. :)


Saat bait-bait doa kita tak kunjung terijabah... Bersabarlah dan mari berbaik sangka.. karena ada berjuta kebaikan mengiringi prasangka baik kita padaNya.

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok. Kita terhijab dalam kegelapan. Bertabir dari suatu keadaan yang kita sebut dengan masa depan. Kita hanya bisa mengira-ngira. Kita menduga-duga. kita berprasangka. Bisa baik atau buruk...positif atau negatif.. optimis atau pesimis.. Itu semua pilihan..
Ada kalanya kita disergap buruk sangka..terlebih saat terbentur terjalnya hidup. Manusiawi. Namun tak juga boleh dibiarkan berlama-lama.


"Sesungguhnya Aku, ada di sisi prasangka hambaKu pada diriKu." Kata Allah dalam hadits Qudsi yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.
" Aku bersamanya setiap kali dia mengingatKu. Jika dia mengingatKu di kala tiada kawan, maka Aku akan mengingatnya dalam kesendirianKu. Jika dia mengingatKu dalam suatu kumpulan, niscaya Aku sebut-sebut dia dalam suatu kaum yang lebih baik dari pada jama'ahnya. Jika ia mendekat padaKu dalam jarak sejengkal, maka Aku mengakrabinya dangan beringsut sehasta. Jika dia mendekat padaKu dengan jarak satu hasta, Aku akan menyambutnya dengan bergeser satu depa. Apabila ia datang kepadaKu dengan berjalan, Aku akan datang kepadanya dengan berlari-lari kecil."
Maka bukankah lebih baik berbaik sangka  menjadi satu-satunya pilihan?
Kalau saja dengan berbaik sangka kita dapat menyempurnakan akar-akar keimanan.. menumbuhkan daun-daun kebaikan yang rimbun dan berbunga-bunga. menghasilkan buah yang manis, harum, dan lembut. atau agar kita memiliki batu-bata yang cukup, untuk mendirikan menara cahaya, kelak di surgaNya. :) 

Allah akan bersama kita dan melimpahkan kebaikanNya.. sebab kita mengingatNya dengan sangkaan kebaikan.
Karena Allah 'kan memberi dengan cara yang terindah di waktu yang paling tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar